20170610

Es Buah Gula Sabu Khas NTT

Siapa sih yang gak suka es buah?
Kalau aku sih semenjak di rantau ini jarang beli. Keseringan es buah di sini jarang buahnya, yang ada jelly/agar-agar aja. Buah memang mahal. Kecuali sewaktu musiman, misal alpulat dan sirsak.

Namum ada 1 es buah yang benar-benar menjadi idolaku. Bukan karena buah, harga, atau porsinya, namun karena pemakaian gula Sabunya. Apa sih gula Sabu?
Sabu merupakan Kabupaten di Nusa Tenggara Timur, beda pulau dengan daratan Timor (Kupang). Nah, gula dari Sabu ini bentuknya cair, mirip seperti gulali. Kalau anak jaman 90-an pasti tau deh apaan tuh GULALI

Es nya berisi macam-macam buah sesuai musim. Pepaya, semangka, melon, alpukat, sirsak, dan kelapa muda. Juga agar-agar dan nata de coco. Ditimbun dengan serutan es yang menggunung, lalu dibalurkan gula Sabu.
Di sini kebanyakan masih menggunakan es serut. Jadi kangen jaman 90-an. Dan, di kota ini masih bisa kamu dapatkan sedikit kenangan itu.


Lokasinya di sebelah Komando Resort Militer 161/Wirasakti (atau Korem161/Wirasakti) jalan W. J. Lalamentik Kupang.
Harga Rp.8.000,- per porsi.
Jam buka mungkin di atas jam 9 pagi (karena aku biasa beli sewaktu jam makan siang) sampai dengan sore dan kadang malam seperti di bulan puasa ini.
Pedagangnya ramah. Dan selalu tau kalau aku pasti minta tambahan baluran gula Sabu.

Bukan promosi, karena bukan marketing team.
Hanya info, kali aja ada yang lagi ngidam!
Wkwkwk.

Tidak ada komentar: