20190713

KELABBA MADJA : “PAINTED HILL” VERSI SABU RAIJUA, NUSA TENGGARA TIMUR

Mungkin kalian uda pada tau “Painted Hill Oregon” di Amerika Serikat atau “The Zhangye National Geopark” di Cina. Kalau belum, lengkapnya bisa liat di sini : PAINTED HILL  dan ZHANGYE GEOPARK . Kayak gini nih !
Foto Painted Hill Oregon (Wikipedia)
Foto Zhangye National Geopark (Wikipedia)
Indonesia sonde kalah kok. Kali ini beta akan kasi tunjuk salah satu keindahan alam Nusa Tenggara Timur, bukan hanya ada Labuan Bajo dan Sumba, tapi kali ini dari pulau Sabu Raijua. Sabu Raijua terkenal dengan adat “Henge’do” (cium hidung), dilakukan saat menyambut atau bertemu seseorang. Henge'do atau tradisi mencium hidung ini dilakukan tanpa memandang jenis kelamin, status, strata sosial serta usia. Selain sebagai tanda persaudaraan, tradisi mencium hidung juga sebagai tanda penghormatan terhadap yang lebih tua sebagai tanda kejujuran.


KELABBA MADJA, SURGA TERSEMBUNYI INDONESIA


Situs ini terdapat di Kecamatan Hawu Mehara, Desa Wadumaddi, Pulau Sabu. Situs ini diyakini oleh orang Sabu sebagai peninggalan Gadjah Mada di masa kerajaan Majapahit. Jarak yang ditempuh untuk mencapai lokasi ini 27 Km dari Ibukota Seba. Keunikan dari objek wisata ini yaitu sebagai tempat ritual adat masyarakat adat Liae dan Mehara.


Obyek wisata Kelabba Madja di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, NTT dinobatkan sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler, dan meraih juara I dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018. Baca beritanya di sini.


Kelabba Madja memiliki ciri khas berupa tebing serupa deretan tabung yang bercorak. Sekilas tampak seperti disapu dengan kuas raksasa. Kita bisa menemukan lapisan warna putih, coklat, dan merah di antara bebatuan Kelabba Madja

Selain bukit pelangi, Kelabba Madja juga memiliki beberapa batu keseimbangan yang dianggap sebagai perlambang ayah, ibu, dan anak. Ketiga batu ini berdiri dengan kokoh di pucuk tebing yang meruncing.





Untuk mencapainya, wisatawan harus menempuh perjalanan menuju Kupang, kemudian dari Kupang ke Sabu via pesawat atau kapal laut. Kondisi infrastruktur di Sabu menuju Kelabba Madja masih belum terlalu memadai. Kondisi jalan masih dalam proses pembangunan. Untuk sampai ke tempat wisata ini membutuhnya waktu kurang lebih 2 jam.



GUNUNG SALJU MESARA


Berdekatan dengan objek wisata Kelabba Madja, terdapat satu bukit kapur yang berwarna putih terang seperti diselimuti salju. Penduduk setempat menyebut dengan Bukit Salju. Kita bisa mendaki bukit ini, dan masih tergolong cukup aman. 



CATATAN JALAN :
*Untuk menuju Sabu, kamu harus via Kupang, Nusa Tenggara Timur (baik lewat laut/udara)
*Sudah ada beberapa penginapan di Sabu
*Kamu perlu rental mobil dan driver untuk amannya, tetapi naik motor juga bisa (kondisi motor harus fit dan tubeless ya)
*Ingat bawa bekal makanan sendiri ke objek wisata, karena hanya ada penjual kelapa muda dan beberapa jajanan saja
*Sinyal internet terbatas
*Kondisi jalan sedang dalam proses pengerjaan aspal, sebagian besar tanah putih
*Jaga perilaku di kawasan objek wisata ya!

Kelabba Madja, Sabu Raijua-NTT


INDONESIA ITU INDAH LOH !!!
AYO, KAPAN JALAN?

1 komentar:

Baktiar77 mengatakan...

Waktu mengunjungi kelabba maka belum sempat mampir ke bukit salju... Musti ulang lagi kesana sekalian nenda nih