20140407

Resep : Jelly Puding Warna-warni

Jelly Puding Warna-warni


Bahan:
1 Bks Puding Mangga
1 Bks Jelly Orange
2 Bks Agar-agar Cokelat
1 Bks Agar-agar Hijau (Melon/Apel)
1 Bks Jelly Cokelat
Gula pasir (sesuai selera)
Air putih
1 Gls Santan
Cokelat batang (sesuai selera)
3 butir telur ayam (pakai putihnya saja)
Cetakan

Cara Membuat:
1. Masak Jelly Cokelat dengan 4 gls air dan 5 sdm gula pasir hingga mendidih, tuang dalam cetakan. Tunggu hingga dingin dan mengeras.
2. Masak agar-agar hijau dengan 2 gelas air, tambahkan 4 sdm gula pasir. Masak hingga mendidih lalu tuangkan 1 gelas santan, dan tunggu hingga 5 menit kemudian baru diangkat. Tuangkan ke dalam cetakan. Biarkan dingin dan mengeras.
3. Masak 1 bks agar-agar cokelat dengan 3 gls air dan 4 sdm gula pasir hingga mendidih. Tuang dalam cetakan. Biarkan dingin dan mengeras.
4. Potong/cincang kasar cokelat batang lalu letakkan di atas adonan agar-agar cokelat. Kemudian masak 1 bks agar-agar cokelat dengan 3 gls air dan 2 sdm gula pasir hingga mendidih. Sembari memasak tersebut, kocok putih telur dan 3 sdm gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi hingga menjadi kaku dan berwarna putih. Agar-agar yang mendidih di diamkan beberapa menit lalu tuang ke adonan telur, kocok dengan mixer berkecepatan rendah. Tuang ke dalam cetakan. Diamkan hingga dingin dan mengeras.
5. Masak Jelly orange dengan 4 gls air dan 5 sdm gula pasir hingga mendidih. Tuang dalam cetakan. Biarkan dingin dan mengeras.
6. Masak pudding mangga dengan 3 gls air dan 4 sdm gula pasir hingga mendidih. Tuang dalam cetakan. Biarkan dingin dan mengeras.
7. Potong dan siap dihidangkan.

Saran:
-    * Untuk memasak agar-agar atau jelly yaitu dengan memasukkan podwer agar-agar/jelly bersamaan dengan gula pasir di dalam wajan/panci, tanpa menyalakan kompor. Aduk hingga rata dan kedua bahan menyatu. Setelah itu baru tuang air, dan aduk perlahan agar tidak timbul gumpalan podwer. Setelah tercampur bisa langsung menyalakan kompor dan memasaknya.
* Kesabaran sangat diperlukan dalam pembuatan agar-agar jelly ini. Jadi, lebih baik membuatnya sambil melakukan pekerjaan lainnya.
* Kalau aku menggunakan cetakan-cetakan kecil, sehingga lebih gampang untuk dipotong dan saat menyajikannya tidak hancur.

Happy Cooking :)

Tidak ada komentar: