20170913

PANTAI INOKIU : Ayo Lihat Bintang Laut!!!

Sudah lama gak pernah lihat bintang laut. Kalau dulu ada beberapa pantai di Sanur dekat rumah yang banyak bintang lautnya. Kadang di Pantai Duyung (Hyatt) atau di Pantai Indah (Parigata/Batu Jimbar). Namun terakhir kali ke sana sudah gak kelihatan lagi. Mungkin ada, namun jarang. Kadang terpikir aja, gimana jadinya kalo beberapa tahun lagi benar-benar tidak lagi ada di sana. Bagaimana anak cucu nanti bisa tau yang namanya bintang laut. Kalau bulu babi masih banyak bisa ditemukan. Nah, bintang laut ini, susah banget nyarinya.
 




Rutinitas weekend kita selalu dimulai dengan menyantap Ikan Kua Asam di Warung Artis Tenau pada Sabtu pagi. Dan pasti berangkat sekitar setengah 7 atau jam 7 pagi. Su buka ko? Tentu donk ya. Dan rasa kuah asam nya akan lebih enak terasa saat lebih pagi. 
Suer!



Nah, setelah itu yang sering buat bingung mau ke mana. Dan kali ini kita ke arah Bolok lagi. Lagi-lagi ke Pantai Inokiu. Tepatnya di Desa Kuanheum Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur. Kalau dulu pas air laut pasang. Jadi tidak bisa turun ke pantai dan hanya berfoto-foto sepanjang jalan menuju sana.

Kalau kali ini, syukurnya, air laut sedang surut. Jadi memberanikan diri menuruni karang menuju pasir. Dan…

Keren!
Karangnya lebih kece daripada di Pantai Baliana/Bali Kupang (cek postingan sebelumnya di sini!). PLTU Bolok tampak sangat jelas dan dekat dari lokasi ini. Pasir putih, dengan ombak kecil dan rumput lautnya. Banyak ikan-ikan kecil bersembunyi dibalik beberapa terumbu di pinggiran. Dan, ternyata, bintang lautnya banyak banget.





Di pinggiran pantai aja sudah terlihat belasan bintang laut, apalagi kalau seandainya bisa berjalan lebih jauh lagi ke dalam atau mengitari garis pantai. Benar-benar, sangat memukau. Berharap banget bulan depan bisa ajak si baby main ke sini. Lihat bintang laut yang jarang bisa ditemukan di pantai Sanur.


Langsung aja ya gimana rute ke sana :
1. Dari perempatan traffic light Polda NTT ambil Jl. Jend. Soedirman – Jl. Moh. Hatta kemudian Jl. Pahlawan turun menuju Kupang.
2. Terus ikuti jalur lurus ke Jl. Yos Sudarso, lewati SPBU, dan tetap di jalan besar sampai dengan Jl. Helong Raya.
3. Tetap menyusuri Jl. Helong Raya sampai melewati Goa Kristal, Terminal Bus Bolok dan belok kiri pada pertigaan yang lumayan sepi (kalau tidak salah ada Rumah/Kios di kiri jalan sebelum pertigaan).
4. Kemudian belok kanan saat menemukan pertigaan besar (kira-kira pertigaan yang ke-3 di sebelah kanan). Dan lurus ikuti jalan sampai terlihat pantai dengan Menara kecil.
Sebaiknya mulai dari Helong Raya sudah fokus ke googlemap.





Catatan kecil:
* Selalu perhatikan Google Map agar tidak tersesat (dan powerbank untuk jaga-jaga kalau HP mati)
* Bawa makanan dan minuman, karena di lokasi tidak terdapat kios.
* Bawa pakaian ganti karena airnya menggoda banget.
* Jalan 90% aspal mulus, hanya beberapa meter dari pinggir pantai yang berupa tanah berbatu putih.
* Tidak ada salahnya bertanya pada warga lokal jika tersesat.
* Tidak lupa bawa underwater camera.


“TAKE ONLY MEMORIES, LEAVE ONLY FOOTPRINTS – Chief Seattle”
Salah satu yang selalu saya ingat dari perkataan suami saya, janganlah menyentuhnya, memindahkannya dan atau merusaknya. Lihat dan nikmati saja dalam pandangmu. Agar kelak anak cucu bahkan orang lain juga bisa menikmati keindahannya. Agar ada cerita untuk nanti dan selanjutnya.


Tidak ada komentar: