20170815

Menyusuri Lika-liku Jalan PANTAI BALI KUPANG

Kali ini ayo kita jalan-jalan ke Pantai Bali. Eits, ini masih di Nusa Tenggara Timur. Namanya Pantai Bali Kupang atau Pantai Baliana.
Pantai Baliana/Bali Kupang
Jujur saja, pantai ini belum pernah kita kunjungi. Hanya bermodalkan google map. Dan, as always, hanya kita berdua. Saya dan suami. Teman-teman yang doyan jalan lagi ada kesibukan masing-masing. Alhasil, yah syukur-syukur gak tersesat deh.

Pantai Bali Kupang atau Pantai Baliana ini terletak di Kuanheum, Kupang Barat. Kalau saya dan suami singkat saja menyebutnya di “Bolok”. Kalau mau tau tentang pantai ini, search di google saja belum cukup. Tidak banyak yang bisa kita ketahui. Mungkin belum ada yang detail mengulas salah satu pantai pasir putih yang indah ini.

Tebing, pasir dan airnya so sweet banget!
Salah satu hal yang buat deg-degan saat ke sana yaitu petunjuk google map yang muter-muter, belok kiri dan kanan dalam tempo cepat. Tapi, percaya deh, Google Map gak boong kok! Kamu hanya perlu ikuti dengan benar, dan pada akhirnya akan takjub saat sudah tiba di lokasi pantai.

Sayangnya aku ke sana saat air tidak surut. Yah, awalnya mikir sia-sia karena tidak bisa turun ke pasir pantai. Namun, bisa kok, kita tidak putus asa. Tinggal turuni tebing karang yang mengitari sepanjang pantai, dan masih ada pinggiran pantai dengan air semata kaki hingga selulut. Jadi aman bagi yang tidak bisa berenang. Dan tetap waspada, karena batas antara pantai yang dangkal sangat dekat dengan palung. (Begitu penjelasan suami)
Main-mainnya di pinggiran aja ya, bahaya kalo yang warna biru gelap itu!
Air laut yang benar-benar biru muda nan jernih, pasir putih, tebing karang yang terukir apik dan langit yang lapang. Benar-benar menggugah untuk selfie, dan mandi tentunya. Yup, kali ini diurungkan dulu niat nyebur karena lupa bawa baju ganti. Next time lah ya kesono lagi!

Foto diambil dari gua kecil di bibir pantai.
Ngiri liatin nyong-nyong lagi nyebur.

Petunjuk Jalan :
1. Dari perempatan traffic light Polda NTT ambil Jl. Jend. Soedirman – Jl. Moh. Hatta kemudian Jl. Pahlawan turun menuju Kupang.
2. Terus ikuti jalur lurus ke Jl. Yos Sudarso, lewati SPBU, dan tetap di jalan besar sampai dengan Jl. Helong Raya.
3. Tetap menyusuri Jl. Helong Raya sampai melewati Goa Kristal, GBI Kapernaum Bolok dan belok kiri pada pertigaan yang lumayan sepi (kalau tidak salah ada Rumah/Kios di kiri jalan sebelum pertigaan). Sebaiknya mulai dari sini sudah fokus ke google map karena daerahnya tanpa nama jalan.
Unnamed Road, setelah menyusuri Helong Raya.
Selengkapnya cek di sini!

Catatan kecil:
* Selalu perhatikan Google Map agar tidak tersesat (dan powerbank untuk jaga-jaga kalau HP mati)
* Bawa makanan dan minuman, karena di lokasi tidak terdapat kios.
* Bawa pakaian ganti karena airnya menggoda banget.
* Jalan 90% aspal mulus, hanya beberapa ratus meter dari pinggir pantai yang berupa tanah berbatu.
* Cuaca sangat terik, pakai sunblock jika perlu.
* Tidak ada salahnya bertanya pada warga lokal kalau kebingungan.
* Tidak lupa bawa underwater camera.